AFC Juga Soroti Kasus Evan Dimas dan Ilham Udin

1 Januari 2018 - 10:15 am 135 Views
Kasus tak diizinkannya dua penggawa timnas Indonesia U-23, Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn, ke Selangor FA oleh PSSI ikut disoroti Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). GORILASPORT

SELANGOR (GORILASPORT) Kasus tak diizinkannya dua penggawa timnas Indonesia U-23, Evan Dimas Darmono dan Ilham Udin Armaiyn, ke Selangor FA oleh PSSI ikut disoroti Konfederasi Sepakbola Asia (AFC). Seperti diketahui, sebelumnya ketua umum PSSI, Edy Rahmayadi, beranggapan jika Evan dan Ilham tetap ke Selangor, itu akan membuat mereka kesulitan mengikuti program timnas Indonesia U-23.

Mengingat, Indonesia U-23 yang dipersiapkan untuk Asian Games 2018 dipatok dengan target tinggi. Kekhawatiran itu muncul lantaran Selangor bisa saja tak melepas dua pemain itu karena Asian Games tak masuk dalam agenda FIFA.

Belum lagi, jika pelatih timnas Indonesia U-23, Luis Milla Aspas, ingin menggelar pemusatan latihan jangka panjang. Itu bakal sulit diikuti oleh Evan dan Ilham jika bermain di Selangor.

AFC sendiri masih mencoba mengkaji dahulu kasus ini. Apalagi faktanya, Evan dan Ilham sudah menandatangani kontrak dengan Selangor.

“Bagaimanapun, berdasarkan apa yang dimaklumkan, tindakan itu lebih bersifat sebagai permintaan kepada pemain Indonesia bagi memantapkan tim nasional mereka,” kata Dato’ Windsor Paul John, sekretaris jenderal AFC seperti dikutip laman Harian Metro.

“Saya rasa terpulang kepada kehendak pemain itu sendiri untuk membuat keputusan. Buat masa ini tiada tindakan bisa diambil karena ia masih cadangan saja,” lanjutnya.

“Kalau ia dijadikan peraturan, AFC perlu melihat dulu apa yang dimaksudkan dalam peraturan tersebut dan jika didapati melanggar peraturan FIFA dan juga AFC, kami bisa memulakan siasatan (investigasi) karena pemain bebas bermain untuk klub dan di negara manapun,” tegasnya.

Evan dan Ilham saat ini masih berada di Indonesia, dan Selangor ingin mereka segera bergabung dengan tim pada awal Januari nanti. Pihak Selangor juga terus menjalin komunikasi dengan PSSI untuk mendapatkan solusi terkait hal ini. IRA