Merpati Bali Melaju ke Semifinal Srikandi Cup

30 Januari 2018 - 4:08 pm 96 Views
Merpati Bali lolos ke semifinal Srikandi Cup 2018. Mereka memastikan langkah itu setelah menang atas Sahabat Semarang 57-20 pada penyisihan Pool B di GOR Kertajaya, Surabaya, Senin (20/1/2018). GORILASPORT

SURABAYA (GORILASPORT) Merpati Bali kembali memetik kemenangan pada penyisihan Pool B Srikandi Cup Seri 2 yang berlangsung di GOR Kertajaya, Surabaya. Melawan Sahabat Semarang, tim asal Pulau Dewata itu unggul dengan skor akhir 57-20.

Pelatih Merpati Bambang Asdianto Pribadi menurunkan lima pemain intinya di lapangan, yakni Lamia Rasidi, Kadek Pratita Citta Dewi, Dora Lovita, Helena Maria Elizabeth Tumbelaka, dan Ni Putu Eka Liana Febiana.

Meski mereka kehilangan dua pemain pilarnya Agustin Gradita Elya Retong (cedera lutut) dan Dewa Ayu Made Sriatha Kusuma (patah jari), tidak lantas membuat mereka kendur secara permainan. Terbukti, pada pertandingan kali ini mereka mampu mendominasi jalannya pertandingan.

Babak pertama Helena Tumbelaka dkk langsung tampil menekan lawannya dan berhasil unggul 37-11. Ni Putu Eka Liana Febiana atau yang kerap disapa Eka tampil produktif di dua kuarter ini dengan mencetak 8 angka dan 6 rebound. Dua pemain lainnya, yakni Dora Lovita dan Anne Innesa juga tampil gemilang. Keduanya sama-sama berhasil menyumbang enam angka.

Keunggulan Merpati di babak pertama tidak lepas dari penguasaan bola rebound mereka (total 21 berbanding 18 yang dikemas Sahabat). Selain itu, barisan pemain cadangan mereka juga lebih baik dibandingkan lawannya. 15 angka tercipta lewat usaha para bench Merpati, sedangkan pemain cadangan Sahabat hanya mampu memberikan tujuh poin tambahan angka.

Laju Merpati Bali semakin tidak terbendung pada dua kuarter berikutnya. Mereka akhirnya dapat menyudahi perlawanan Sahabat dengan skor yang cukup meyakinkan. Seluruh pemain Merpati berhasil mencetak angka di pertandingan kali ini. Namun, Dora Lovita dan Eka menjadi top performer untuk timnya, keduanya sama-sama berhasil mencetak delapan angka.

“Game kali ini target kami tetap sama, yakni memaksimalkan para pemain tinggi kami. Kali ini kami lebih baik dari pertandingan sebelumnya. Semua pemain juga sudah mulai bertanggung jawab mengambil perannya masing-masing, baik di dalam lapangan maupun di luar lapangan,” komentar Bambang.

“Sebenarnya skema permainan hari ini tidak ditujukan untuk saya. Namun, mungkin hari ini saya lebih enak untuk membuat angka. Tapi, terlepas dari semua itu, pertandingan hari ini kami semua bermain cukup baik dan sudah bertanggung jawab sesuai dengan apa yang coach inginkan,” ujar Dora Lovita.

Sementara Pelatih Sahabat Xaverius Wiwid tidak terlalu kecewa mengingat lawannya dinilai satu tingkat dari timnya. “Kita memang kalah kelas dan jam terbang dari mereka.Yang penting, para pemain saya harus mengambil pengalaman dari pertandingan hari ini. Besok kita akan memainkan pertandingan hidup mati melawan Merah Putih Samator yang tipe permainnya juga keras seperti Merpati Bali,” ujarnya. “Kami harus terus mencoba meraih kemenangan atas Samator walau di atas kertas mereka juga lebih berpengalaman dari kami,” ungkap Xaverius.

“Mereka lebih kompak dan matang secara permainan. Tim ini dipersiapkan untuk PON mendatang. Saya harap para pemain yunior Sahabat bisa matang di kompetisi ini. Menghadapi Merah Putih pada pertandingan besok kami akan main all out dan nothing to lose,” kata kapten tim Sahabat Dewi Sungging Sari.

Hasil ini sekaligus mengantarkan Merpati lolos ke semifinal, meski besok mereka masih menyisakan satu pertandingan lagi melawan Generasi Cirebon pada pertandingan akhir (pukul 18.30 WIB). Sedangkan Sahabat masih berpeluang untuk lolos ke semifinal sebagai runner-up pool B, dengan catatan mereka harus menang melawan Merah Putih Samator. EDOY