Persiba Pesimistis di Piala Gubernur Kaltim

15 Februari 2018 - 11:30 pm 271 Views
Wanderley Junior pesimistis dengan peluang Persiba Balikpapan di turnamen pramusim Piala Gubernur Kaltim. Dia menyebut target Beruang madu adalah Liga 2. GORILASPORT

BALIKPAPAN (GORILASPORT) Pelatih Persiba Balikpapan Wanderley Junior mengungkapkan akan sangat sulit bisa bersaing di Piala Gubernur Kaltim yang akan berlangsung mulai 23 Februari mendatang.

Bahkan, mantan pelatih Persipura Jayapura itu mengatakan peluang anak asuhnya lolos dari Grup B sangat tipis, meski Beruang Madu tampil di kendang. Sebab, tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan itu merupakan satu-satunya tim dari Liga 2 yang tampil di turnamen ini. Di Grup B Siswanto dkk, tergabung bersama Sriwjaya FC (SFC), Madura United, dan Persebaya Surabaya.

“Di atas kertas tim kami punya peluang paling kecil. Tapi, kami siap untuk jadi tim kejutan di turnamen ini,” ujar Wanderley.

Pelatih berdarah Brasil itu menuturkan, tiga tim di Grup B memilik materi pemain bertabur bintang dan pemain asing. “Kami harus konsentrasi dan penuh motivasi di setiap pertandingan. Itu yang bisa kami lakukan. Sejak awal memang fokus kami di liga dan dan kembali ke Liga 1 musim depan. Itu target kami. Tapi, kami juga berharap bisa tampil bagus di Piala Gubernur,” tambah Wanderley.

Selain pesimistis dengan peluang Persiba di ajang pramusim, Wanderley juga mengungkapkan Beruang Madu masih membutuhkan tambahan pemain di posisi gelandang serang untuk mendukung skema menyerang 4-3-3. Dia mengatakan, hal itu juga untuk mengantisipasi jika lini serang Persiba gagal mencetak gol. Sebab, dalam dua laga uji coba terakhir gagal mencetak gol. “Kita memang masih butuh gelandang serang. Kemarin (di Yogyakarta) memang ada Wayan Eka yang sempat ikut seleksi. Tapi, kita pulangkan,” ujar Wanderley.

Mantan pelatih Persipura itu kemudian mencoba Frengky Turnado. Hanya saja memang diakui, Wanderley masih perlu waktu bagi pemain yang sebelumnya bermain sebagai bek kiri itu untuk bisa beradaptasi dan terbiasa sebagai gelandang serang. “Frengky kita coba sebagai gelandang serang karena memang dia punya skill yang bagus yang sebenarnya bisa bermain sebagai gelandang,” terangnya.

Selain Frengky, pelatih yang pernah menukangi klub Malaysia dan Thailand itu juga mencoba Bryan Cesar Ramadhan dari gelandang jangkar menjadi gelandang serang. Namun, hingga kini memang penyelesaian akhir masih menjadi titik lemah tim kebanggaan masyarakat Kota Balikpapan tersebut.

Persiba sebenarnya punya pemain dengan naluri menyerang diantaranya Siswanto, Beni Oktovianto, Dimas Galih Gumilang, maupun striker muda Helmi. “Selain kurang tenang dalam menyelesaikan peluang, juga karena kurangnya pasokan bola ke depan,” pungkas Wanderley. EDD