PSS Agendakan Uji Coba dengan Persebaya

13 Februari 2018 - 10:45 pm 110 Views
PSS Sleman akan menggelar pertandingan persahabatan dengan Persebaya Surabaya di Stadion Maguwoharjo, Sabtu (17/2/2018). GORILASPORT

SLEMAN (GORILASPORT) PSS Sleman siap menjalani laga uji coba melawan tim promosi Gojek Traveloka Liga 1 Persebaya Surabaya. Rencananya pertandingan digelar di kandang Super Elang Jawa, Stadion Maguwoharjo, Sabtu (17/2/2018).

Sebenarnya, menjelang musim 2018, tim kebanggaan warga Sleman ini kebanjiran dan mendapatkan banyak tawaran uji coba dari sejumlah tim. Sebelum memastikan laga tanding melawan Persebaya, PSS mendapat tawaran dari Persiba Balikpapan. Namun, PSS menolak karena skuad sedang menjalani pemusatan latihan fisik.

“(Laga dengan Persiba) momennya kurang pas karena pemain sedang mempersiapkan fisik,” kata Manajer PSS Sismantoro.

Setelah pemusatan latihan fisik selesai, datang tawaran dari Persebaya untuk uji coba. Manajemen PSS langsung menyanggupi tawaran itu. “Lawan Persebaya sudah oke, digelar 17 Februari malam,” kata dia.

Sesuai jadwal yang ditetapkan manajemen, setelah meladeni Persebaya, PSS kembali menggelar laga uji coba melawan Bhayangkara FC. Venue kemungkinan di Stadion Maguwoharjo. Hanya saja untuk kepastian tanggalnya belum final. Ada dua pilihan tanggal dalam menjalani laga kontra Bhayangkara FC, yakni Sabtu (24/2/2018) atau Rabu (28/2/2018). Sebenarnya pilihan lain Sabtu (17/2/2018). Namun, PSS sudah memastikan friendly game kontra Persebaya.

Sismantoro mengakui banyak tim, baik dari konstestan Liga 1 maupun Liga 2 yang ingin menjajal kekuatan PSS. Namun, manajemen sementara ini baru fokus dua tim dulu, yakni Persebaya dan Bhayangkara. “Sementara dua tim itu dulu,” imbuhnya.

Sementara itu, Pelatih kepala PSS Herry Kiswanto menyambut positif rencana laga persahabatan dengan tim lain sebelum Liga 2 bergulir. Namun, pelatih yang akrab disapa Herkis ini menginginkan laga uji coba dengan bermain di luar kandang. Mantan Pelatih Persela Lamongan ini mengatakan, mencermati perjalan PSS musim lalu, banyak kehilangan poin saat away.

Kegagalan PSS promosi ke Liga 1 salah satu faktornya kurang bisa memanfaatkan laga tandang. “Statistik musim lalu, PSS banyak kehilangan poin di luar kandang. Semoga sebelum liga resmi digelar, ada laga persahabatan di luar kandang,” harap Herkis.

Dia mengungkapkan, secara garis besar skuad yang dinakhodainya sudah mulai terbentuk kerangkanya. Secara teknis sudah mumpuni. Soal mental yang perlu ditingkatkan lagi, khususnya saat berlaga di kandang lawan. Dia tidak menampik meski kerangka tim sudah terbentuk, sejumlah amunisi baru perlu didatangkan. Setidaknya, PSS membutuhkan tiga posisi, masing-masing playmaker, gelandang kiri, dan striker. IRR