Stadion Manahan Solo Selalu Lekat dengan 8 Besar

1 Februari 2018 - 8:28 pm 267 Views
Stadion Manahan Solo merupakan salah satu venue yang sering menjadi tempat penyelenggaraan babak 8 besar, baik kompetisi maupun turnamen sepak bola di Tanah Air. GORILASPORT

SOLO (GORILASPORT) Stadion Manahan Solo merupakan salah satu venue yang sering menjadi tempat penyelenggaraan babak 8 besar, baik kompetisi maupun turnamen sepak bola di Tanah Air. Di awal tahun ini stadion yang diresmikan Presiden Soeharto pada 1997 itu kembali mendapat kehormatan.

Kali ini Stadion Manahan menjadi tuan rumah untuk babak 8 besar Piala Presiden 2018. Sebanyak 8 tim akan bersimbah peluh di stadion tersebut. Kedelapan tim itu adalah Sriwijaya FC (SFC), PSMS, Mitra Kukar, Persebaya, Madura United, Bali United, Persija, dan Arema FC.

Babak 8 besar Piala Presiden tahun ini diselenggarakan pada Sabtu-Minggu 3-4 Februari 2018. Dua pertandingan setiap hari bakal tersaji, mulai sore sampai malam hari.

Stadion Manahan dianggap sebagai tempat yang cocok untuk menggelar pertandingan seperti babak 8 besar. Itu karena Solo berada di tengah-tengah Pulau Jawa. Akses transportasi mudah dan ketersediaan lapangan untuk tempat latihan juga banyak.

Akses suporter untuk datang ke Solo juga mudah, mengingat letak stadion yang ada di tengah Pulau Jawa. Kebetulan empat tim yang lolos ke babak 8 besar berasal dari Jawa. Tapi banyak juga warga Medan, Palembang, Bali, hingga Kalimantan Timur, yang tinggal di Solo dan sekitarnya, sehingga juga tetap mudah datang ke stadion.

Sejak era Divisi Utama pada 2006, Stadion Manahan selalu menjadi langganan untuk menggelar pertandingan ketika masuk fase babak 8 besar. Babak 8 besar Piala Indonesia dalam sejarahnya juga pernah memakai stadion ini.

Stadion Manahan juga sempat menjadi markas Persik saat bermain di Liga Champions Asia 2007. Lawan dari Australia, Jepang, hingga Cina dibuat Persik tidak berkutik di Stadion Manahan. Sebentar lagi atmosfer Stadion Manahan akan memanas karena persaingan antartim di babak 8 besar Piala Presiden 2018. IRA