FEATURE: Akhirnya, Ada Orang Inggris Lagi di Barcelona

8 Maret 2018 - 4:05 pm 315 Views
web marcus mcguane Barcelona

Marcus McGuane menjadi orang Inggris pertama yang bermain untuk Barcelona setelah Gary Lineker pada 1986-1989. Itu terjadi setelah pemuda berusia 19 tahun tersebut tampil pada Supercopa de Catalunya. GORILASPORT

BARCELONA (GORILASPORT) Setelah Gary Lineker pada 1986 hingga 1989, akhirnya ada pesepak bola asal Inggris yang bermain untuk Barcelona. Sosok dimaksud adalah Marcus McGuane, yang membela El Barca pada Supercopa de Catalunya, Kamis (8/3/2018) dini hari waktu Indonesia.

McGuane bergabung dengan Barcelona B pada 30 Januari 2018 dari Arsenal dengan mahar dan nominal yang dirahasiakan. Klub Katalunya itu hanya merilis buy out clause gelandang bertahan kelahiran 2 Februari 1999 tersebut yang mencapai 25 juta euro. “Ini menjadi pengalaman berharga saya dan keluarga. Kata-kata tidak cukup untuk mendeskripsikan perasaan saya bermain (untuk tim senior Barcelona),” kata McGuane, dilansir Soccerway.

READ MOREMilan Dedikasikan Laga Kontra Arsenal untuk Astori

“Saya merasa baik. Sangat baik. Ketika pelatih mengatakan saya akan ikut bermain, saya senang. Saya tenang dan tidak terburu-buru. Saya sudah menunggu kesempatan ini. Saya senang, meski hanya bermain beberapa menit,” tambah pemain yang membela timnas Republik Irlandia U-17, Inggris U-17, U-18, hingga U-19 tersebut.

Lahir di London, McGuane adalah produk Arsenal Hale End Academy. Dia tercatat sebagai kapten Arsenal U-18 dan U-23. Pada 28 September 2017, McGuane bahkan mendapatkan kesempatan duduk di bench The Gunners pada pertandingan Liga Europa melawan BATE Borisov. Saat itu, dia bermain sejak menit ke-79 menggantikan Reiss Nelson. Hasilnya, Arsenal menang 4-2.

READ MOREFEATURE: Soliditas Griezmann-Costa Diganggu Isu Transfer

Jejak Sukses Gary Lineker

Jika bicara pemain Inggris di Camp Nou, memori orang akan langsung teringat Lineker. Datang ke Katalunya setelah Piala Dunia 1986, Lineker tidak pernah tampil mengecewakan di bawah asuhan Terry Venables. Dia mampu memproduksi 21 gol dari 41 pertarungan pada musim pertamanya. Salah satu laga yang cukup monumental adalah saat Lineker mencetak hattrick pada el clasico. Ketika itu, El Barca unggul 3-2 atas Real Madrid.

Ketika Barcelona dikendalikan Johan Cruyff, karier Lineker mulai meredup. Bermain di posisi tengah kanan membuat sang striker tidak bisa mengembangkan permaianan terbaiknya. Namun, sepanjang karier di Barcelona, dia berhasil menciptakan 42 gol dari 103 pertandingan La Liga. Lineker tercatat sebagai pemain Britania Raya paling produktif di kompetisi elite Negeri Matador sebelum dipecahkan Gareth Bale pada 2016. ANDA