Tekanan Terus Menghimpit Wenger

4 Maret 2018 - 12:47 am 210 Views
Pelatih Arsenal Arsene Wenger terdesak. Pelatih asal Prancis ini dipercaya bisa kehilangan jabatannya apabila gagal mempersembahkan trofi bersama Arsenal musim ini. GORILASPORT

LONDON (GORILASPORT) Posisi Arsene Wenger terdesak. Pelatih Arsenal asal Prancis itu pun terancam lengser apabila gagal meraih trofi musim ini.

Anggapan itu disampaikan Paul Merson selaku mantan pemain Arsenal edisi 1985-1997. Menurutnya, tak ada opsi bagi Wenger mempertahankan posisinya sebagai pelatih kepala The Gunners selain mempersembahkan trofi musim ini.

READ MORE: Semua Satu Tujuan untuk Wenger

Menurut Merson, upaya itu wajib diwujudkan Wenger untuk meredam amarah fans setia Arsenal menanggapi hasil buruk tim kesayangan mereka belakangan ini. Bahkan, Arsenal harus dua kali menuai malu dari Manchester City dalam sepekan ini.

Pertama, Arsenal dilibas Man City di final League Cup, kemudian takluk dengan skor sama 0-3 di ajang Premier League. Karena itu, Wenger tak punya pilihan selain memberikan yang terbaik di sisa kompetisi.

Merson beranggapan Wenger sebenarnya miliki harapan itu asalkan berjaya di Liga Europa. Ya, ajang itu menjadi satu-satunya harapan Wenger mempertahankan reputasinya yang telah dibangun selama lebih dari dua dekade bersama Arsenal.

Wenger wajib menjawab tantangan itu, apalagi Arsenal tak mungkin menjuarai Premier League musim ini. Wenger bahkan terancam kembali gagal membawa Arsenal tampil di Liga Champions musim depan karena masih tertahan di posisi 6 dengan torehan 45 angka. Mereka tertinggal 10 poin dari Tottenham Hotspur di posisi 4, syarat masuk Liga Champions walau melalui jalur play-off.

Artinya, tinggal Liga Europa yang masih menjadi kesempatan Wenger menjawab kritikan. Dia bisa melakukan itu seperti berhasil menjuarai FA Cup musim lalu. Keberhasilan itu membuatnya bisa mendapatkan kepercayaan kembali dari fans dan manajemen sejak musim ini. Padahal, tekanan terhadap Wenger saat itu tak kalah berat, apalagi setelah Arsenal gagal tampil di Liga Champions untuk pertama kalinya sejak 19 tahun.

READ MORE: Kursi Wenger di Arsenal, Banyak Diincar Pelatih Top

Persiapan Wenger

Tapi, Wenger sepertinya telah menyiapkan formula ajaib. Wenger tentunya tak ingin begitu saja tersisih dari kursi pelatih The Gunners. Ujiannya pun dimulai saat menghadapi tuan rumah Brighton & Hove Albion, Minggu (4/3/2018).

“Saya tidak melihat Wenger di Arsenal lagi musim depan. Jika mereka pergi ke AC Milan dan menang pada Kamis depan, dan mereka terus melaju dan memenangkan Liga Europa, bagi saya itu sudah musim yang hebat. Jika mereka memenangkan trofi Eropa, ini akan menjadi prestasi yang fenomenal,” kata Merson seperti dilansir Soccerway. “Tapi saya tidak dapat melihatnya, saya bahkan ragu mereka bisa mengalahkan Brighton pada Minggu. Saya merasa Wenger akan tersingkir jika mereka kalah dari Milan atau Brighton,” papar Merson. EDOY