Arema FC Buka Posko Kesehatan Korban Kericuhan

16 April 2018 - 4:33 pm 47 Views
web ahmet atayew arema FC

Kericuhan terjadi dianhir laga Arema FC menjamu Persib Bandung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (15/4/2018). Mengingat banyaknya korban, tim yang diperkuat Ahmed Atayev dkk itu membuka posko kesehatan. GORILASPORT

MALANG (GORILASPORT) Situasi mencekam terjadi pasca pertandingan pekan keempat Liga 1 musim 2018 antara Arema FC kontra Persib Bandung, Minggu (15/4/2018) di Stadion Kanjuruhan. Banyak korban berjatuhan karena tembakan gas air mata.

Laga antara Arema FC melawan Persib berakhir di menit 90+2, saat laga masih tersisa satu menit. Laga terpaksa dihentikan lantaran masuknya Aremania, julukan suporter Arema FC, ke lapangan usai sebelumnya melakukan pelemparan benda ke lapangan.

READ MORE: Kronologi Kerusuhan di Kanjuruhan

Untuk meredakan situasi yang sudah tidak kondusif di stadion, pihak kepolisian pun harus memberi tembakan peringatan. Selain itu, ada pula tembakan gas air mata yang diarahkan ke tribun selatan dan ke tengah lapangan.

“Kami dari panpel tidak memberikan instruksi untuk tembakan gas air mata. Standar kami tidak ada seperti itu. Tapi situasi memang sudah tidak terkendali dan kami tidak ingin salahkan pihak kepolisian,” ucap Ketua Panpel Arema FC, Abdul Haris.

Akibat tembakan gas air mata tersebut, banyak korban berjatuhan. Kebanyakan korban adalah para perempuan. Mereka rata-rata mengalami kesulitan pernafasan dan trauma karena kondisi di stadion yang memang sangat mencekam.

READ MORE: Bersama MU, Man City Masuk Tercepat Kunci Gelar

Korban pun cukup banyak. Bahkan, ruang medis yang disediakan pun tidak mampu menampung para korban. Situasi makin tidak kondusif karena jumlah petugas medis yang tersedia sangat terbatas dan tidak sebanding dengan jumlah korban.

“Kami belum bisa pastikan berapa jumlahnya. Tapi, kami sudah pastikan melakukan upaya dengan maksimal. Kami panggi ambulans dari rumah sakit terdekat. Kami juga bawa korban ke rumah sakit yang ada di sekitar stadion,” sambung Haris.

Semua Pihak Tanggap 

Sementara itu, Haris meyakini jika upaya yang dilakukan oleh pihaknya pasti masih belum maksimal. Karena Itu, Panpel dan manajemen Arema FC akan membuka posko kesehatan bagi para korban agar bisa mendapat bantuan medis dengan maksimal.

“Kami akan buka dua posko kesehatan untuk Aremania. Silahkan melapor di Kantor Arema FC di Jln. Mayjend Panjaitan nomor 42 dan di Stadion Kanjuruhan. Kami siap upaya maksimal untuk bantu para korban sebagai tanggung jawab,” tandas Haris. ARDI 

https://youtu.be/JhbboQ085fI