FEATURE: Pelatih Sebut Mental Barcelona Pulih

15 April 2018 - 8:02 pm 34 Views
GERARD PIQUE BARCELONA

Rekor kemenangan dan dekatnya trofi La Liga tidak dianggap penting Barcelona. Yang membuat mereka senang adalah kembalinya mentalitas pemain. GORILASPORT

BARCELONA (GORILASPORT) Kemenangan 2-1 Barcelona atas Valencia yang berujung rekor 39 pertandingan La Liga beruntun tanpa kekalahan tidak membuat Ernesto Valverde puas. Sang nakhoda justru lebih konsern dengan pulihnya mentalitas para punggawa El Barca selepas kegagalan menyakitkan di Liga Champions.

Menurut Valverde, kemenangan yang berujung semakin dekatnya gelar La Liga sangat penting. Begitu pula dengan rekor yang baru saja ditorehkan klub Katalunya tersebut. Namun, bagi Valverde, yang jauh lebih penting adalah Barcelona kembali ke bentuk permainan terbaik. Sebab, kekalahan dari AS Roma benar-benar memukul semangat para pemainnya.

READ MOREFEATURE: Giroud dan Kisah Sebagai Supersub

“Saya tipe orang yang optimistis. Setelah kekalahan besar, selalu ada periode berkabung. Selalu tidak mudah ketika anda kalah di sebuah kompetisi bergengsi seperti Liga Champions. Selalu ada kekecewaan yang mengganjal. Karena itu, yang paling penting adalah bagaimana cara anda bereaksi dan apa yang bisa anda lakukan pada pertandingan berikutnya,” kata Valverde, dilansir Marca.

Kemenangan atas Valencia membuat El Barca menorehkan rekor baru di La Liga. Mereka belum terkalahkan pada 39 pertandingan, dengan rincian 32 laga musim ini dan tujuh pertandingan terakhir musim lalu. Kemenangan juga membuat mereka bisa menghibur diri sendiri seusai tersingkir dari Liga Champions. Kekalahan dari Roma cukup mengejutkan karena El Barca sudah menang 4-1 di Camp Nou, tapi kalah 0-3 di Stadio Olimpico.

“Pekan ini (di ruang ganti kami) tidak ada yang memikirkan tentang rekor. Ini benar. Kami juga tidak menganggapnya penting karena dengan para pemain di skuad ini adalah hal yang wajar bisa mencetak rekor. Kami lebih senang dengan respons yang dilakukan para pemain di laga melawan Valencia,” tambah Valverde.

READ MORERashford Diminta Tetap Bersama MU

Rekor dan Trofi

Kekalahan terakhir yang didapat Barcelona di La Liga terjadi satu tahun lalu, tepatnya 8 April 2017. Kala itu, El Barca kalah 0-2 di markas Malaga, Estadio La Rosaleda. Dengan 39 laga tak terkalahkan, Barcelona membuat rekor baru di La Liga. Mereka mematahkan rekor yang sebelumnya dibuat Real Sociedad dengan 38 pertandingan pada 1979-1980.

“Sekarang kami sepenuhnya berkosentrasi ke La Liga. Masih ada beberapa pertandingan sebelum musim ini berakhir. Kami juga masih memiliki (Final) Copa del Rey, yang bisa kami menangkan. Kami akan mengakhiri musim ini dengan dua kompetisi bergengsi. Kami akan mencoba melakukannya bersama-sama,” pungkas Valverde. ANDA