FEATURE: Saat Lorenzo dalam Tekanan Ducati

15 April 2018 - 6:33 am 129 Views
JORGE LORENZO copy MotoGP

Penampilan kurang bagus Jorge Lorenzo pada dua seria awal MotoGP 2018 memunculkan tekanan dari Ducati. Kabarnya, musim depan dia akan didepak. GORILASPORT

AUSTIN (GORILASPORT) Performa kurang bagus pada dua seri awal MotoGP 2018 membuat Jorge Lorenzo berada dalam tekanan ketika GP Amerika Serikat (AS) digelar di Circuit of the Americas, Austin, Senin (23/4/2018) dini hari waktu Indonesia. Rumor pemutusan hubungan kerja membayangi rider Ducati asal Spanyol tersebut.

Pada GP Qatar, Lorenzo tampil mengecewakan karena mengalami kecelakaan pada lap 12. Padahal di Losail, rekan satu tim Lorenzo, Andrea Dovizioso, sukses menjadi juara. Sementara pada seri kedua di Argentina, Lorenzo hanya sanggup finish di posisi 15. Sama seperti di Qatar, performa Lorenzo personal tidak terlalu bagus. Pasalnya, Dovizioso sanggup finish di posisi enam.

READ MOREHarapan Rossi Ikut MotoGP Tahun Ini

Akibat penampilan yang dianggap kurang memuaskan tersebut muncul sejumlah rumor kurang sedap. Selain tentang PHK, Lorenzo juga belum diajak membicarakan perpanjang kontrak baru seperti yang saat ini sedang dilakukan kepada Dovizioso. Dalam kontrak baru yang bocor ke media, Dovizioso diplot sebagai rider utama Ducati musim depan. Artinya, Lorenzo harus rela menjadi yang kedua atau hengkang.

“Saya sadar saat ini kurang bisa menampilkan performa yang bagus seperti musim-musim sebelumnya. Saya tidak tahu kenapa. Namun, orang harus tahu bahwa saya sudah melakukan banyak hal bagus di masa lalu. Saya yakin saya akan bisa bangkit di waktu-waktu yang akan datang. Ini hanya masalah waktu,” ujar Lorenzo, dilansir crash.net.

Selain Valentino Rossi dan Marc Marquez, Lorenzo sebenarnya adalah rider aktif yang pernah mencicipi gelar juara dunia. Tiga gelar juara dunia Lorenzo di MotoGP diraih pada 2010, 2012, dan 2015. Kemenangan terakhirnya (2015) bahkan mengusik dominasi Marquez yang sudah meraih empat titel juara dunia (2013, 2014, 2016, 2017).

READ MOREFEATURE: Rossi Diantara Musim Baru MotoGP dan Pensiun

Suzuki atau KTM?

Jika Ducati tidak lagi memerlukan tenaga Lorenzo, maka tim yang kemungkinan menjadi tujuan adalah Suzuki atau KTM. Jika benar ke Suzuki, Lorenzo kemungkinan besar akan berduet dengan Alex Rins. Paasalnya, pabrikan asal Jepang ini juga dirumorkan sudah kehilangan kesabaran pada Andrea Iannone seusai gagal memenuhi ekspektasi setelah bergabung dari Ducati pada tahun lalu.

Suzuki dan KTM menjadi dua tim yang paling masuk akal merekrut Lorenzo karena sangat tidak mungkin untuk kembali ke Yamaha atau membela Honda. Di Yamaha, Maverick Vinales dan Rossi sudah pasti akan membalap lagi musim depan. Begitu pula di Honda yang tidak akan mungkin menggusur Marquez dan Dani Pedrosa. ANDA