Konsentrasi Masalah Utama PSM

16 April 2018 - 11:26 pm 107 Views

PSM Makassar gagal meraih kemenangan dari Barito Putera. Kekalahan itu ditengarai karena lemahnya konsentrasi Zulham Zamrun dkk. GORILASPORT

MAKASSAR (GORILASPORT) PSM Makassar kembali menelan kekalahan kedua di kompetisi Liga 1 musim ini. Menghadapi tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, Senin (16/4/2018), Juku Eja menyerah 1-2.

Dua gol yang bersarang ke gawang PSM yang dikawal Shahar Ginanjar dicetak Douglas Packer dan Matias Cordoba. Sementara satu-satunya gol balasan PSM dicetak Ferdinand Sinaga.

READ MOREIni Dua Faktor Kunci Kemenangan Persela di Markas PSM

Menanggapi hasil tersebut, Pelatih PSM Robert Rene Alberts mengungkapkan pemainnya, khususnya di lini belakang kehilangan konsentrasi pada akhir-akhir pertandingan. Padahal, tim kebanggaan masyarakat Makassar itu mampu mengimbangi Barito Putera 1-1 hingga menit ke-90.

“Saya kira ada dua tipe permainan berbeda yang digunakan Barito, yang mana mereka memainkan sepak bola bagus. Ada banyak pergerakan yang mereka gunakan. Barito menang dengan mencetak dua gol servis. Mereka tidak cetak gol dari permainan terbuka. Kami hanya kehilangan konsentrasi pada menit akhir,” beber mantan pelatih Arema Indonesia itu.

Alberts pun mengakui timnya tak menguasai jalannya pertandingan sepanjang awal pertandingan. Hal itu karena absennya dua gelandangnya, seperti Marck Klok dan Williem Pluim. Pelatih asal Belanda itu tak menepis fakta tersebut.

“Pemain saya sudah memberikan yang terbaik. Apalagi, kami tahu kita bermain tanpa tiga pemain pilar. Pemain yang menggantikan peran Klok dan Pluim juga sudah berusaha, hanya saja konsentrasi bisa lebih ditingkatkan. Tanpa tiga pemain, saya tidak bisa berharap banyak,” beber Robert, dalam sesi jumpa pers.

Meski menelan kekalahan Alberts tetap memberikan pujian kepada skuadnya yang sudah berusaha merebut hasil maksimal. Shahar yang tampil maksimal juga mendapat apresiasi dari Alberts. Bahkan, kiper yang baru saja diberi kepercayaan tampil menggantikan peran Rivky Mokodompit berpeluang besar untuk terus berada di bawah mistar gawang Juku Eja. “Shahar bermain bagus, kenapa saya harus bicarakan lagi pertandingan selanjutnya,” papar Alberts.

READ MOREKemenangan PSM atas Perseru Juga Bawa Sisi Negatif

Pelajaran Penting untuk PSM

Sementara itu, Kapten PSM Zulkifli Syukur mengharapkan hasil ini akan menjadi pelajaran penting timnya. Zulkifli ingin timnya lebih bekerja ekstra keras untuk meraih hasil yang bagus.

“Inilah hasil pertandingan. Kami juga sudah berusaha semaksimal mungkin. Ini akan menjadi evaluasi bagi kami untuk menatap pertandingan-pertandingan selanjutnya. Kami yakin bisa kembali bangkit di laga-laga lainnya,” tutup Zulkifli. SEV