Kronologi Kerusuhan di Kanjuruhan

16 April 2018 - 7:31 am 159 Views

Manajemen Arema FC memberikan gambaran mengenai terjadinya kerusuhan di Stadion Kanjuruhan, Minggu (15/4/2018) malam. Kepemimpinan wasit ditengarai menjadi pemicunya. GORILASPORT

MALANG (GORILASPORT) Manajemen Arema FC mengungkap kronologi terjadinya kerusuhan di pertandingan pekan keempat Liga 1 melawan Persib Bandung, Minggu (15/4/2018) malam. Menurut Arema, salah satu pemicu kejadian adalah kepemimpinan wasit.

Laga antara Arema FC melawan Persib pada awalnya berjalan cukup baik. Bahkan, kedua belah kubu pemain bermain dalam koridor yang sportif dan memperagakan permainan yang enak ditonton. Namun, situasi berubah pada sepuluh menit akhir laga.

READ MOREFLASH NEWS: Rusuh, Arema vs Persib Imbang

Pada beberapa momen, Aremania nampak mulai melemparkan benda-benda dari atas tribune ke lapangan. “Apa yang terjadi tidak lepas dari akumulasi kekesalan Aremania pada keputusan yang dibuat oleh wasit,” kata Media Officer Arema FC Sudarmaji.

“Ada pelanggaran kepada Ahmat Atayeh. Lalu, kemudian disusul keputusan mendadak Dedik Setiawan mendapatkan kartu merah (pada menit ke-88). Di situ situasi mulai tidak kondusif. Lalu, ada corner untuk Arema,” sambungnya.

Laga kemudian terhenti saat pertandingan masuk menit 90+2. Sebelumnya, wasit memberikan tambahan waktu selama tiga menit. Situasi di lapangan sudah tidak kondusif. Aremania masuk ke lapangan dan petugas keamanan tidak bisa menghalau.

Sementara, para pemain Persib, Arema, dan official pertandingan pun langsung masuk ke ruang ganti. Para pemain kedua tim pun baru meninggalkan Stadion Kanjuruhan pada pukul 23.00 WIB, setelah situasi di stadion sudah mereda.

READ MOREArema FC Waspadai Dua Penyerang Persib

Manajemen Arema Minta Maaf

“Kami atas nama manajemen Arema FC minta maaf atas jatuhnya para korban dan minta maaf atas situasi yang tidak kami inginkan. Kami minta maaf kepada Aremania dan juga kepada seluruh korban akibat kejadian ini,” tutup Sudarmaji.

Sementara itu, sisa waktu pertandingan dipastikan tidak akan dilanjutkan. Laga dinyatakan berhenti dengan skor akhir 2-2. Dua gol Arema FC dicetak Thiago Furtuoso dan Balsa Bozovic. Sementara, Ezechiel N’Douassell memborong gol Persib. ARDI