Sriwijaya FC Petik Pelajaran dari Persipura

16 April 2018 - 5:51 am 143 Views
Web Beto (1) sriwijaya fc

Manajemen Sriwijaya FC wajib mengevaluasi penampilan pemain seusai menghadapi Persipura Jayapura. Hal itu dianggap perlu setelah menghadapi Persipura Jayapura. GORILASPORT

PALEMBANG (GORILASPORT) Sriwijaya FC (SFC) harus mengevaluasi buruknya antisipasi yang dilakukan pemain, terutama seusai menghadapi serangan balik Persipura Jayapura.

Evaluasi itu harus dibenahi sebelum Zulfiandi dkk tampil menghadapi Persebaya Surabaya dalam lanjutan kompetisi Liga 1/2018, Minggu (22/4/2018).

READ MOREIni Biang Kegagalan Sriwijaya FC

“Sebenarnya kita sudah mendapatkan pelajaran saat melawan Madura United, termasuk pada pertandingan pramusim.  Bagaimana caranya untuk mengantisipasi dan menghadapi counter attack,” ungkap Pelatih Fisik SFC Rasiman.

Namun, bedanya tim lawan biasanya melakukan counter attack dengan bola dan melalui umpan-umpan panjang. Tapi, Persipura melakukan serangan balik dengan penetrasi dan dribble.

Padahal, ucap Rasiman, secara organisasi pertahanan SFC sebenarnya sudah mempersiapkan diri di babak kedua. Karena, setelah tertinggal dua gol, Persipura pastinya melakukan perubahan cara bermain untuk mengejar defisit gol.

“Seperti yang kita lihat bersama. Secara skill, mereka memiliki pemain muda yang bagus dan mampu melewati pemain kita saat berhadapan satu lawan satu. Di saat ada pemain kita yang berhasil dilewati membuat lini pertahanan kita menjadi lemah,” terangnya.

Situasi itulah yang kemudian berhasil dimanfaatkan dengan baik oleh tim berjuluk Mutiara Hitam itu untuk mengobrak-abrik lini pertahanan Laskar Wong Kito.

Hingga akhirnya Marcel Sacramento sukses membawa Persipura melakukan come back sempurna. Dengan mencetak dua gol dalam waktu lima menit (63 dan 68).

“Kita harus menjadikan kedua  pertandingan tersebut sebagai pelajaran. Terutama, bagaimana caranya agar kita bisa mengurangi risiko kebobolan dalam situasi serangan balik yang sama. Seperti yang terjadi pada lawan Madura United dan Persipura,” harapnya.

Ya, SFC mendapatkan pelajaran berharga dari Persipura Jayapura. Saat kedua tim berhadapan pada pertandingan pekan keempat Liga 1/2018, Sabtu (14/4/2018).

READ MOREFLASH NEWS: Sacramento Buyarkan Keunggulan Sriwijaya FC

Harus Puas Bermain Imbang

Sempat unggul dua gol lebih dulu di babak pertama lewat aksi Manuchehr Jalilov (11) dan Alberto Goncales (36), Laskar Wong Kito akhirnya harus menerima kenyatakaan pahit setelah Persipura mampu menyamakan kedudukan menjadi 2-2.

Meski sempat berusaha menambah gol pada 15 menit terakhir babak kedua, namun lantaran tidak ada satu pun peluang yang diperoleh menjadi gol. Membuat skor imbang bertahan hingga pertandingan berakhir. “Tapi, ya itulah sepak bola. Disaat kita banyak membuang peluang, maka kita pasti akan mendapatkan punishment,” pungkasnya. ARJA