Cara Kapten Persib Jaga Kondisi di Bulan Puasa

16 Mei 2018 - 12:39 am 100 Views
supardi nasir persib-web

Kompetisi Liga 1 akan tetap bergulir selama bulan Ramadan. Kapten Persib Bandung, Supardi Natsir, mengaku punya cara untuk menjaga kondisi fisik tetap terjaga. GORILASPORT

BANDUNG (GORILASPORT) Sejumlah pertandingan Liga 1 digelar bulan ini. Bersamaan dengan bulan Ramadan, saat umat Islam di seluruh dunia menjalankan puasa. 

Menjalani kompetisi di bulan Ramadan, kapten Persib Bandung Supardi Nasir mengaku selalu menyiasati kondisi fisiknya agar performanya tetap dalam kondisi prima saat Liga 1 tetap berjalan.

READ MORE: FLASH NEWS: Persija Tersingkir di Piala AFC

Supardi mengatakan, dirinya sudah beberapa kali puasa dengan kompetisi terus berjalan. Sebagai seorang atlet, kata dia, puasa pun tak boleh menghentikan aktivitasnya.

“Kita sudah terbiasa sebenarnya menghadapi puasa di saat liga berjalan. Ada pengaruh sedikit tapi tidak signifikan,” ucap Supardi di Stadion Arcamanik Bandung, Selasa (15/5/2018).

READ MORE: Perseru Rekrut Direktur Tehnik

Supardi mengatakan, pelatih Persib Roberto Carlos Mario Gomes sudah mengatakan kepada pemain bahwa jadwal latihan akan dilakukan pada waktu Ramadan.

“Tidak ada yang aneh latihan di bulan puasa, memang lemas tapi kita lawan. Menurut saya badan lebih terasa ringan dan segar. Jangan ingat puasa, ingat latihannya,” jelasnya.

Pemain bernomor punggung 22 ini menyiasatinya dengan cara berlatih lebih dekat dengan waktu berbuka. Dengan begitu, ketika stamina menurun dan sudah mencapai titik lelah, bisa ditutup dengan berbuka.

“Selesai latihan tidak lama, kita buka puasa sedikit lalu malamnya latihan. Kalau sempat taraweh sebelum latihan,” tuturnya.

Ini Saran Supardi 

Selain itu, Supardi juga menyarankan untuk mengkonsumsi buah-buahan. Baginya, buah bisa membantu mengembalikan stamina dengan cepat dan bagus untuk tubuh.

“Saya sudah bicara juga sama pelatih untuk nutrisi di bukan puasa tolong diperhatikan lebih karena kita tidak bisa ketika malam ini main jam 6 langsung makan nasi. Butuh buah-buahan dan susu yang mudah dicerna untuk menambah tenaga dan vitamin juga penting,” pungkasnya. HYGS