FEATURE: Aturan Khusus Barito Selama Puasa

17 Mei 2018 - 12:59 am 119 Views
Hansuma Yama barito putera

Jacksen F Tiago memiliki aturan khusus kepada para pemain Barito Putera selama bulan Ramadhan. Tujuannya, kondisi pemain tetap 100%. GORILASPORT

MALANG (GORILASPORT) Pelatih Barito Putera Jacksen F Tiago tidak melarang pemainnya menjalani ibadah puasa selama bulan Ramadhan. Tapi, nakhoda berkebangsaan Brasil tersebut memberikan beberapa aturan khusus pada anak asuhnya yang berpuasa.

Menurut mantan pelatih Persipura Jayapura tersebut, ada sejumlah hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan para pemain Laskar Antasari pada saat puasa. Tujuannya untuk membuat Samsul Arif dkk tetap bugar dan kompetitif menghadapi kompetisi yang rencananya akan memainkan laga pada malam hari.

READ MORELawan PS Tira, PSIS Fokuskan Peluang

“Kami sudah bicara dengan tim pelatih dan juga dokter. Kami sudah siapkan program khusus untuk pemain. Saya pikir ini tidak akan jadi masalah karena sudah biasa di Indonesia dan pemain sudah tahu apa yang boleh dan tidak boleh di lakukan,” ucap Jacksen.

Jacksen menyatakan para pemain harus lebih disiplin saat bulan Ramadhan. Mereka harus bisa membagi waktu antara istirahat dan beribadah. Selain itu, asupan makanan juga menjadi perhatian khusus. Sebab, mereka juga akan tetap bertanding selama bulan Ramadhan menghadapi lawan-lawan berat.

“Kami akan bermain tiga jam setelah pemain buka puasa. Jadi, tidak boleh makan sembarangan. Sudah kita atur seperti apa pola makannya. Saya sudah bilang dengan tim dokter. Kita harus bijak soal asupan makanan,” sambung eks pelatih Persebaya Surabaya itu.

READ MOREFEATURE: Latihan Persib tak Terkendala Puasa

Hadapi Perseru Serui

Sesuai jadwal, Barito akan menjalani laga tandang melawan Perseru Serui pada Kamis (17/5/2018). Laga pekan kesembilan Liga 1 musim 2018 ini bertepatan dengan hari pertama puasa. Laga Barito Putera melawan Cendrawasih Jingga akan digelar di Stadion Gajayana, Malang.

Perpindahan venue dianggap menguntukan Barito yang akan bertindak sebagai tim tamu. “Kalau menguntungkan secara teknis bagi kami tidak. Karena laga tetap dimulai dengan skor tanpa gol. Kalau ingin menang kami harus berusaha. Tapi, mungkin dari segi manajemen kami cukup diuntungkan. Dari faktor finansial kami tidak perlu keluar lebih banyak biaya,” tutup Jacksen. ARDI