FEATURE: Buffon dan Balotelli Tergantung Mancini   

15 Mei 2018 - 2:43 pm 271 Views
roberto mancini latih timnas itali - web

Penunjukkan Roberto Mancini sebagai pelatih baru tim nasional Italia membuat masa depan Gianluigi Buffon dan Mario Balotelli dalam tanda tanya. GORILASPORT

ROMA (GORILASPORT) Setelah ditunjuk menjadi nakhoda baru tim nasional Italia, Roberto Mancini kini dihadapkan pada tugas memilih anggota Gli Azzurri. Yang dinantikan dari mantan pelatih Manchester City (Man City) dan Internazionale Milano tersebut adalah keputusan tentang Gianluigi Buffon dan Mario Balotelli.

Mancini dikontrak dua tahun oleh Asosiasi Sepak Bola Italia (FIGC). Tugas utama mantan pemain Sampdoria dan SS Lazio tersebut adalah mengembalikan marwah Gli Azzurri sebagai salah satu tim besar dunia. Berhubung Italia tidak ikut Piala Dunia 2018, maka yang menjadi misi Mancini adalah Piala Eropa 2020. Jika Italia mampu juara atau minimal final, kontrak kerja berpeluang diperpanjang hingga Piala Dunia 2022.

READ MOREMancini Sepakat Latih Italia

Namun, sebelum benar-benar bermimpi meraih sukses di turnamen besar antarnegara, Mancini harus menentukan pemain-pemain yang akan dipanggil. Dua nama yang menjadi kontroversi adalah Buffon dan Balotelli. Buffon dengan faktor usia dan Balotelli dengan keinginannya untuk kembali membela Italia.

“Kenapa kami memilihnya? Karena Mancini punya keinginan besar untuk menjadi pelatih timnas. Sesederhana itu. Kami senang karena dia sudah membuktikannya dengan cara yang nyata. Proses ini berjalan sesuai dengan yang kami inginkan. Kami dan Mancini sama-sama senang dengan kerjasama yang terbina. Saya optimistis dengan pekerjaannya selama ini di level klub,” ujar Komisioner FIGC Roberto Fabbricini, dilansir Football Italia.

READ MOREMan City Perpanjang Kontrak Ederson

Uji Coba Kontra Prancis

Tugas pertama mancini sebagai nakhoda Gli Azzurri adalah beruji coba melawan Prancis pada 1 Juni 2018. Rumor yang beredar di media-media Italia menyebut hari tersebut kemungkinan besar akan menjadi aksi terakhir Buffon berseragam Italia. Kabarnya, Mancini akan melakukan regenerasi di skuad timnas dengan memanggil kiper-kiper yang memiliki usia lebih muda, termasuk Gianluigi Donnarumma.

Sementara mengenai Balotelli, Mancini punya rekaman yang panjang. Pasalnya, penyerang yang musim lalu membela OGC Nice di Ligue 1 tersebut pernah menjadi anak didiknya di Stadio Giuseppe Meazza dan Etihad Stadium. Saat itu, Balotelli memang tampil bagus. Namun, kontroversi yang membuat Mancini jengkel juga kerap ditimbulkan. ANDA