FEATURE: Lingkaran Perpindahan Pelatih

15 Mei 2018 - 3:48 pm 142 Views
thomas tuchel latih psg - web

Memasuki fase akhir kompetisi, sukses pelatih terjadi di sejumlah klub Eropa. Yang terbaru, Thomas Tuchel resmi menukangi Paris Saint-Germain (PSG). GORILASPORT

PARIS (GORILASPORT) Memasuki akhir musim kompetisi 2017/2018, perpindahan pelatih sepak bola menjadi tema utama. Keputusan Arsene Wenger meninggalkan Arsenal berdampak pada sejumlah arsitek sepak bola papan atas Eropa. Salah satunya suksesi pelatih Paris Saint-Germain (PSG) dari Unai Emery ke Thomas Tuchel.

Rumor yang berkembang diantara media-media olahraga Eropa menyatakan Tuchel sebenarnya masuk dalam radar Arsenal. Mantan pelatih Borussia Dortmund itu menjadi kandidat pengganti Wenger bersama Massimilano Allegri, Maurizio Sarri, Unai Emery, disamping dua mantan anak didik Les Professeur (Patrick Vieira dan Thierry Henry).

READ MOREFEATURE: Buffon dan Balotelli Tergantung Mancini

Namun, setelah Allegri menyatakan akan bertahan di Juventus dan Sari memilih tetap di SSC Napoli, kini giliran Tuchel yang telah resmi menggantikan Emery di Parc des Princes. Artinya, status Emery adalah pengangguran. Lalu, apakah ini artinya nakhoda asal Spanyol tersebut akan menukangi The Gunners musim depan? Belum tentu juga.

“Saya belum mendapatkan tawaran (dari Arsenal). Saya tidak tahu kemungkinannya seperti apa. Namun, saya rasa masih terbuka. Ini bisa saja menjadi tawaran konkret. Bisa juga hanya rumor. Saya terbuka terhadap apa pun karena saya tidak akan berhenti melatih. Saya tidak pada posisi untuk menentukan. Biarkan semua ini berjalan apa adanya. Kita lihat saja nanti,” kata Emery kepada Cadena SER.

READ MORELaga Ditunda, Persib Siapkan Alternatif

Kejutan PSG dan Tuchel

Yang menarik adalah kejutan penunjukkan Tuchel sebagai pelatih PSG. Sebab, sebelumnya tidak pernah terdengar. Namun, tiba-tiba PSG mengumumkan mengikat Tuchel dengan kontrak kerja berdurasi dua tahun. Presiden Les Parisiens Nasser Al-Khelaifi mengungkapkan alasan memutuskan memilih Tuchel sebagai pelatih Neymar dkk untuk musim depan. Dia melihat suksesor Juergen Klopp di Dortmund itu sebagai sosok pelatih yang bisa diandalkan untuk menukangi bintang-bintang PSG.

“Tuchel merupakan salah satu pelatih paling kompetitif di Eropa yang dapat bersaing di level tertinggi dalam beberapa tahun terakhir. Dia sosok yang sangat ambisius. Hasratnya untuk menampilkan permainan menyerang dan kekuatan karakternya merupakan gaya permainan yang selalu diinginkan tim kami (PSG) sejak lama,” kata Al-Khelaifi, dikutip France Football. ANDA