FEATURE: Pahlawan Piala Dunia 2014 Absen di 2018

16 Mei 2018 - 8:31 pm 140 Views
mario gotze dortmund jerman

Mario Goetze sepertinya akan duduk manis menyaksikan Piala Dunia 2018 dari layar televisi. Gelandang Borussia Dortmund itu tidak masuk skuad sementara Jerman. GORILASPORT

DORTMUND (GORILASPORT) Malang sekali nasib Mario Goetze. Pahlawan kemenangan 1-0 Jerman atas Argentina pada final Piala Dunia 2014 tersebut dipastikan tidak akan berlaga di Piala Dunia 2018. Bukan karena cedera atau sedang menjalani skorsing FIFA, melainkan dicoret dari skuad sementara der Panzer.

Pelatih Jerman Joachim Loew memang telah mengumumkan skuad sementara untuk turnamen di Rusia pada musim panas mendatang. Meski sedang cedera, Manuel Neuer tetap masuk daftar. Padahal, palang pintu Bayern Muenchen itu menghabiskan sebagian besar musim 2017/2018 karena cedera patah jari kaki. Loew tetap mengharapkan Neuer bisa sembuh tepat waktu.

READ MOREFEATURE: Misi Mulia Marseille di Liga Europa

Pemain cedera lain yang masuk daftar adalah Marco Reus. Pemain depan Borussia Dortmund tersebut mengalami masalah kesehatan berkepanjangan sehingga absen pada paruh pertama 2017/2018. Tapi, Reus berhasil comeback dengan apik. Hingga kini Reus telah membuat 14 penampilan untuk Dortmund di seluruh kompetisi dengan mencetak delapan gol. Dia ingin tampil di Piala Dunia 2018 setelah terpaksa absen pada Piala Dunia 2014 dan Piala Eropa 2016 karena cedera.

Sementara pemain populer yang kehilangan tempat di skuad Der Panzer adalah Emre Can. Meski membawa Liverpool hingga bertemu Real Madrid pada duel puncak Liga Champions, Can tidak akan ikut ke Rusia. Uniknya, alasan tidak memanggil Can adalah sedera yang sempat didapatkan musim ini. Gelandang berdarah Turki tersebut sudah menepi sejak Maret karena cedera punggung yang tak kunjung pulih.

READ MOREFEATURE: Harapan Courtois di Akhir Musim

Tanda Tanya Goetze

Selain Can, rekan setim Reus di Signal Iduna, Goetze juga harus melupakan mimpi indahnya menjadi pahlawan Jerman di di Rusia. Konon, akibat penampilan yang kurang bagus bersama Dortmund akhir-akhir ini, mantan pemain Bayern tersebut tidak masuk dalam skema Loew Sejauh ini di Bundesliga, Goetze sudah merumput 23 kali dengan menciptakan dua gol. Jika ditotal dengan ajang lain, dia merumput 32 kali.

Namun, bukan berarti kesempatan Can dan Goetze tertutup sama sekali. Pasalnya, skuad yang dipanggil Loew masih bersifat sementara. Pasalnya, batas waktu untuk mengumumkan skuad final yang berisikan 23 nama selambatnya dilakukan 4 Juni. “Pemanggilan pemain dilakukan berdasarkan kebutuhan pelatih untuk menghadapi event besar seperti Piala Dunia 2018. Semuanya terserah pelatih,” bunyi pernyataan resmi Asosiasi Sepak Bola Jerman (DFB). ANDA