FEATURE: Skandal Suap Wasit Piala Dunia

16 Mei 2018 - 9:34 pm 169 Views
wasit PSSI

FIFA digemparkan dengan skandal suap yang menimpa salah satu wasit Piala Dunia 2018. Sang pengadil lapangan itu berasal dari Arab Saudi. GORILASPORT

ZURICH (GORILASPORT) FIFA menyatakan akan melakukan investigasi lebih lanjut soal kasus Fahad Al-Mirdasi. Otoritas tertinggi sepak bola dunia tersebut memastikan akan segera memutuskan apakah Al-Mirdasi tetap layak menjadi salah satu pengadil Piala Dunia 2018 atau tidak. FIFA ingin masalahnya jelas.

FIFA beranggapan masalah Al-Mirdasi harus clear sebelum diambil keputusan final tentang para pengadil Piala Dunia. Pasalnya, kasus ini muncul setelah Asosiasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF) melarang Al-Mirdasi dari memimpin pertandingan sepak bola seumur hidup karena mengaku sudah berupaya melakukan pengaturan skor pertandingan pada duel final Piala Raja Arab Saudi antara Al-Ittihad dan Al-Faisaly, akhir pekan lalu.

READ MOREKejutan Mengerikan jelang Final Taca da Portugal

Masalah itu terungkap dari keterangan dan bukti yang ditunjukkan kubu Al-Ittihad. Akibatnya, Al-Mirdasi harus kehilangan profesinya sebagai wasit sepak bola di Arab Saudi. SAFF dengan tegas melarang pengadil 32 tahun tersebut untuk bertugas seumur hidup. SAFF juga telah mengajukan permohonan kepada FIFA untuk menarik Al-Mirdasi, yang sudah ditunjuk akan menjadi wasit di Rusia.

“Menyusul pernyataan dari wasit (Fahad Al-Mirdasi) untuk mengatur pertandingan antara Al-Ittihad dan Al-Faisaly di final, Presiden Al-Ittihad Hamad Al-Saniaa menghubungi kami (SAFF). Dia mengonfirmasi telah memiliki bukti momen Al-Mirdasi bersedia mengatur skor demi sejumlah uang,” tulis pernyataan SAFF, dikutip Four Four Two.

“Setelah presiden klub Al-Ittihad menunjukkan bukti yang dimilikinya kepada SAFF, kami langsung mengirimkan bukti yang berupa percakapan tersebut ke Ketua Direktorat Jenderal Olahraga, yang kemudian menginformasikan kepada semua otoritas berwenang,” tambah pernyataan SAFF.

READ MOREMotivasi Tambahan untuk Spalletti

Wasit Berpengalaman

Selama ini Al-Mirdasi dikenal sebagai wasit FIFA yang memiliki segudang pengalaman. Dia tidak hanya menjadi langganan laga-laga penting di kompetisi dalam negeri Arab Saudi, melainkan juga internasional. Dia adalah wasit Piala Asia 2015. Di tahun yang sama dia juga ambil bagian pada Piala Dunia U-20. Olimpiade 2016 juga sempat dipimpin Al-Mirdasi. Begitu pula pada Piala Konfederasi 2017.

“Saat ini Al-Mirdasi sudah berada dalam tahanan dan sudah dihadirkan untuk penyelidikan administratif. Setelah penyelidikan, SAFF menerima laporan dari pihak yang berwenang, yang membuktikan tuduhan terhadap wasit di bawah pengakuan pribadinya tentang permintaan suap,” tutup pernyataan resmi SAFF tersebut. ANDA