KONI DIY Bisa Sumbang Medali

19 Agustus 2018 - 2:28 am 120 Views
Asian Games jokowi

Ketua KONI DIY, Joko Pekik, yakin para atlet asal daerahnya akan menuai prestasi dalam ajang Asian Games 2018. Sebanyak 28 atlet asal DIY yang ambil bagian dalam ajang multievent terbesar di Asia itu. GORILASPORT

YOGYAKARTA (GORILASPORT) – Pesta olahraga terbesar di Asia, Asian Games 2018 resmi dibuka. Kontingen Indonesia terdiri 1.383 orang, yang terdiri 938 atlet dan sisanya manager dan pelatih. Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Djoko Pekik Irianto mengatakan, dari 938 atlet Indonesia itu, sebanyak 28 atlet berasal dari DIY. Dari 28 atlet tersebut akan bertanding di 14 cabang olahraga.

Djoko mengaku optimistis para atletnya dari DIY bisa mengharumkan nama Indonesia, yakni mendulang medali di Asian Games 2018. Medali yang diraih tidak sekedar mengharumkan nama Indonesia di kancah dunia. Namun, juga mengangkat nama atlet yang bersangkutan serta Yogyakarta sebagai daerah tempatnya berasal.

READ MORE: Sejak Hadapi China Taipei, Timnas U-23 Sudah Diguyur Bonus

“Dari 28 atlet asal DIY yang bertanding di Asian Games, beberapa di antaranya berlaga di cabang olahraga yang diunggulkan. Atlet kita masuk unggulan juga di cabang itu. Ini yang membuat kita optimistis bisa meraih medali,” kata dia, Sabtu (18/8/2018).

Menurut dia, sejumlah cabang olahraga unggulan yang diikuti atlet DIY ada tiga cabang, yakni balap sepeda, panahan dan panjang tebing. “Atlet kita (DIY) akan bertanding di 14 cabang olahraga, termasuk tiga cabang yang diikuti yaitu balap sepeda, panahan dan panjang tebing,” ungkapnya.

READ MORE: Demi Neymar, Madrid Siap Pecahkan Rekor Dunia

Djoko menjelaskan, untuk cabang panahan ada tiga atlet asal DIY yang bertanding yakni Prima Wisnu Wardhana, Okka Bagus Subekti serta Titik Kusumawardhani. Cabang panjat tebing menurunkan ada dua atlet dari DIY yakti Fitriyani dan Seto. Sedangkan cabang balap sepeda juga dua atlet asal DIY atas nama Elan Riyadi dan Liontin Evangelina Setiawan.

Dia mengatakan, selain berlaga di sejumlah cabang unggulan, atlet DIY juga ikut di cabang olahraga baru, Modern Pentathlon. Hal ini menunjukkan atlet asal DIY ikut diperhitungkan di kancah nasional mengingat tidak setiap daerah mengirimkan atletnya di cabang baru tersebut.

Lebih lanjut Djoko menilai, Kontingen Indonesia berpeluang bisa memperbaiki peringkat maupun torehan medali dibanding gelaran sebelumnya. Sebagai tuan rumah Indonesia mematok target bisa masuk 10 besar di Asia. 

Artinya, kata dia, Kontingen Indonesia harus bisa meraih sedikitnya 12-15 medali emas. “Kami optimistis bisa mewujudkannya. Semoga atlet asal DIY ikut menyumbang medali emas agar target Indonesia masuk 10 besar di Asia bisa terwujud,” pintanya. IRR