SUPRIYATI SUTONO

11 Agustus 2018 - 10:33 pm 165 Views

RATU LARI JARAK JAUH

Supriyati Sutono pernah tercatat sebagai salah satu andalan Indonesia di event olahraga besar seperti SEA Games atau Asian Games. Wanita kelahiran 24 Juni 1972 itu telah mengharumkan nama Indonesia melalui atletik nomor lari jarak jauh.

Supriyati bahkan tercatat sebagai pelari pertama asal Indonesia yang meraih empat medali emas SEA Games secara beruntun mulai 1997 hingga 2003. Dia juga menjadi pelari wanita pertama Indonesia yang meraih medali emas di Asian Games 1998 di nomor 5.000 meter. Dia juga pelari pertama asal Indonesia yang meraih emas di Kejuaraan Asia 2000. Dia meraihnya di nomor 10.000 meter.

Jika diotal, Supriyati sudah 10 medali emas diraih di berbagai ajang mulai SEA Games hingga Olimpiade. Supriyati memang pernah mewakili Indonesia di Olimpiade 2004. Sayang, modal positif di SEA Games, Kejuaraan Asia, dan Asian Games belum cukup membawa dirinya menaklukkan pelari terbaik dunia. Supriyati hanya meraih posisi 19 setelah mencatat waktu 16 menit 34.14 detik.

Namun, Supriyati tetap tercatat sebagai ratu trek jarah jauh yang pernah dimiliki Indonesia. Torehan prestasi Supriyati bahkan belum pernah bisa ditandingi pelari wanita Indonesia lain hingga saat ini. Indonesia terkini memang memiliki Triyaningsih, yang mengikuti jejak Supriati. Tapi, dia hanya bersinar di level Asia Tenggara. Triyaningsih belum maksimal ketika berlaga di Kejuaraan Asia, Asian Games, apalagi Olimpiade.

Kini, tantangan Indonesia mendapatkan calon-calon Supriyati berikutnya. Apalagi, Indonesia akan bertindak sebagai tuan rumah Asian Games 2018. Para pelari Indonesia setidaknya bisa menunjukkan performa terbaik, walau PB PASI hanya menargetkan dua medali emas dari nomor estafet putra dan lompat jauh putri. EDOY