FEATURE: Cerahnya Masa Depan Sepak Bola Indonesia

2 Oktober 2018 - 12:49 am 2300 Views

Timnas Indonesia U-16 terhenti di perempat final Piala AFC U-16. Akan tetapi, mereka masih memiliki kans mencapai prestasi lebih baik ke depannya. GORILASPORT

JAKARTA (GORILASPORT) Tim nasional Indonesia U-16 memang kandas ke Piala Dunia U-17 tahun depan. Akan tetapi, semangat yang ditunjukkan Sutan Zico dkk di Piala AFC U-16 membuat masa depan sepak bola Indonesia terlihat cerah.

Garuda Muda memang harus mengakui ketangguhan Australia 2-3 pada babak perempat final di Stadion Bukit Jalil, Malaysia, Senin (1/10/2018). Kekalahan itu tentu saja mengubur ambisi Zico dkk terbang ke Peru selaku tuan rumah Piala Dunia U-17.

READ MOREFLASH NEWS: Mimpi Timnas U-16 ke Piala Dunia Tertunda

Namun, pujian tetap diberikan atas perjuangan anak muda terbaik bangsa tersebut. Pelatih Australia U-16 Trevor Morgan bahkan tak sungkan memuji tim asuhan Fakhri Husaini tersebut.

Menurut Morgan, Indonesia memiliki semangat luar biasa untuk memenangi pertandingan. Faktor itu pula yang membuat mereka melangkah jauh hingga perempat final di Piala AFC U-16 tahun ini.

“Terlepas dari kami layak memenangi laga ini, saya tetap memberikan apresiasi tinggi kepada mereka,” ujar Morgan. “Mereka memiliki gairah dan kualitas tinggi saat bermain. Saya yakin 100% (Indonesia bisa lolos ke Piala Dunia di masa depan),” paparnya.

READ MOREFEATURE: Timnas U-16 Bermain untuk Palu

Perjalanan Masih Panjang

Sementara kapten David Maulana bersikap realistis menyikapi pertandingan itu. Akan tetapi, David menilai perjalanan timnas U-16 masih sangat panjang.

 

“Pertandingan sangat ketat. Kami sudah berupaya keras memenangi pertandingan, tapi Allah berkata lain. Kami harus menerimanya,” kata David.

“Kami harus tetap latihan tetap fokus ke depannya. Perjalanan kami masih panjang. Kami masih bisa di U-19 dan U-23. Doakan kami agar semua bisa berjalan dengan lancar,” paparnya. EDOY