FEATURE: Ronaldinho Dukung Capres Sayap Kanan

11 Oktober 2018 - 9:26 pm 72 Views
ronaldinho brasil

Ronaldinho secara terbuka memberikan dukungan kepada calon presiden Brasil dari sayap kanan yang kontroversial, Jair Bolsonaro. GORILASPORT

SAO PAULO (GORILASPORT) Situasi politik yang sedang bergairah di Brasil terkait pemilihan presiden (pilpres) yang akan segera digelar membuat sejumlah mantan pesepak bola top aktif terlibat dalam kampanye. Salah satunya Ronaldinho, yang secara terbuka menyatakan dukungan kepada kandidat sayap kanan, Jair Bolsonaro.

Bolsonaro adalah pensiunan kapten di Angkatan Darat Brasil yang memutuskan terjun ke politik. Rencana program kerja yang keras terhadap para pelaku kriminal dan kartel narkoba membuat banyak orang Brasil tertarik. Bahkan, sejumlah jajak pendapat yang diselenggarakan menunjukkan Bolsonaro unggul dari kandidat lainnya.

READ MOREEden Hazard Terus Diminta Bertahan di Chelsea

Menurut Ronaldinho, yang dibutuhkan Negeri Samba saat ini adalah pemimpin bertangan besi yang bisa mengatasi masalah utama negara, yaitu kriminalitas. Pasalnya, tindak kejahatan jalanan yang dipadukan korupsi di pemerintahan telah membuat Brasil dikuasi kelompok-kelompok kriminal yang tidak segan membunuh orang dengan senjata api.

“Saya berharap hadir kedamaian, keamanan, dan kegembiraan di negara ini lagi. Saya memilih hidup di Brasil. Saya ingin Brasil di masa depan penuh dengan kehidupan yang baik tanpa kejahatan dan korupsi,” tulis mantan bintang Paris Saint-Germain (PSG), Barcelona, hingga AC Milan tersebut di akun media sosial miliknya.

READ MOREPaul Pogba Tak Pernah Targetkan Jadi Kapten Tim

Bukan Atlet Satu-satunya

Uniknya, Ronaldinho bukan satu-satunya atlet terkenal Brasil yang secara terbuka mendukung kembalinya pemerintahan militer. Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura juga menegaskan dukungannya kepada Bolsonaro. Begitu pula dengan Cafu dan Rivaldo. Ada lagi mantan pembalap Formula 1 Emerson Fittipaldi. Sama seperti Ronaldinho, keamanan menjadi faktor yang membuat mereka tertarik dengan Bolsonaro.

Namun, ada satu pesepak bola top Negeri Samba yang ditunggu suaranya, yaitu Neymar da Silva Santos Junior. Pada pilpres empat tahun lalu, bintang PSG itu menyatakan dukungan kepada kandidat dari sayap kanan lainnya, Aecio Neves. Sayang, Neves dikalahkan kandidat sayap kiri, Dilma Rousseff. ANDA