FEATURE: Sinar Gonzales Tak Pernah Redup

5 Desember 2018 - 9:29 pm 49 Views
gonzales pss

Cristian Gonzales kembali menjadi buah bibir di sepak bola Indonesia. Bukan karena aksi bersama tim nasional, melainkan PSS Sleman. GORILASPORT

CIBINONG (GORILASPORT) Di usia yang meninjak kepala empat, Cristian Gonzales ternyata masih sangat bugar. Buktinya, 15 gol disumbangkan El Loco untuk PSS Sleman selama mengikuti Liga 2 musim ini. Bahkan, Super Elang Jawa itu dibantu promosi ke Liga 1. PSS juga menjadi juara setelah mengalahkan Semen Padang.

Gonzales datang ke Stadion Maguwoharjo pada awal musim. Dia langsung mencetak gol pada laga perdana melawan Mojokerto Putra. Sempat bermain pada beberapa laga, pemain naturalisasi itu lalu dilaporkan Madura United karena dianggap melanggar kontrak. Akibatnya, dia absen hingga putaran kedua bergulir.

READ MOREGagal Juara Lagi, Bhayangkara Tidak Kecewa

Absen lama ternyata tidak membuat El Loco loyo. Justru, setelah diizinkan membela PSS pada putaran kedua, Gonzales langsung menggila. Puncaknya saat babak delapan besar, semifinal, dan final. Dua gol krusial dia lesakkan ke gawang Kalteng Putra pada babak empat besar. Itu gol bersejarah karena untuk kali pertama sejak era Indonesia Super League (ISL) dan Liga 1, Laskar Sembada berada di kasta elite.

Tidak hanya berhenti di semifinal. Sepak terjang Gonzales di Liga 2 disempurnakan dengan sebiji gol ke gawang Semen Padang pada pertandingan final di Stadion Pakansari, Cibinong, Selasa (4/12/2018) malam. PSS menang 2-0 dan berhak membawa pulang uang pembinaan Rp1,5 miliar ke Sleman.

READ MOREFEATURE: Totalitas Legiun Asing Sriwijaya FC

Bagaimana Musim Depan?

Untuk musim depan, Gonzales belum jelas apakah akan tetap membela PSS atau bermain di klub lain. Seto Nurdiantoro selaku nakhoda klub berkostum hijau tersebut juga belum memberi gambaran yang pasti kerangka dan komposisi tim musim depan. Dia masih akan mendiskusikan semuanya dengan berbagai pihak.

“Jika saya masih bertahan (sebagai pelatih) di PSS musim depan, tentu saja saya akan berkomunikasi dengan manajemen terkait pemain-pemain yang akan dipertahankan untuk menghadapi Liga 1. Namun, terkait Gonzales, saya rasa liga 1 akan berat karena faktor usia,” ungkap Seto. ANDA