FEATURE: Sport Tourism Bertajuk Bali IFC U-15 Menpora Cup

5 Desember 2018 - 8:30 pm 51 Views
timnas garuda Indonesia LOGO

Untuk memajukan sepak bola usia dini sekaligus pariwisata olahraga di Bali, Kemepora menggelar Bali IFC U-15 Menpora Cup. GORILASPORT

BADUNG (GORILASPORT) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggelar Bali IFC U-15 Menpora Cup. Event yang diselenggarakan mulai 1-10 Desember 2018 itu diikuti sembilan negara yakni Australia, Jepang, Korea Selatan (Korsel), Malaysia, Filipina, China, Thailand, Singapura, dan Indonesia.

Deputi Bidang Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga Raden Isnanta menjelaskan, Bali IFC U-15 merupakan event internasional perdana yang diselenggarakan di Indonesia diluar perhelatan yang diselenggarakan oleh PSSI. “Ini adalah event pertama di luar agenda PSSI yang memperlombakan akademi atau klub U-15. Di luar negeri banyak event,” ujar Raden.

READ MORETeco Menanti Perpanjangan Kontrak Persija

Lantaran perdana digelar, Raden mengaku peserta sengaja dibatasi menjadi 12 tim dari 9 negara yang hadir. Menurut Raden, Indonesia mengikutsertakan tiga tim yakni Tim Pelajar Nasional di bawah asuhan Firman Utina. “Itu tim yang direkrut dari Piala Menpora,” ucap Raden.

Tim kedua diberi nama Tim Bara yang merupakan gabungan antara sekolah bola Ragunan dan hasil seleksi Kabupaten Badung. “Satu tim lagi bintang-bintang dari Bali. Tujuan event ini yang pertama membuat persaudaraan kuat antara Asia dan Pasifik melalui sepak bola. Kedua, sama-sama memajukan pembinaan usia muda,” papar dia.

READ MORESimon McMenemy Puas dengan Performa Bhayangkara

Bermanfaat Bagi Indonesia

Selain itu, Raden menilai ajang ini bagi Indonesia bisa dimanfaatkan untuk pematangan terhadap mentalitas anak-anak bangsa. “Momentum ini harus dimanfaatkan sebagai pematangan atlet agar di usia muda sudah bertemu dari negara lain. Di tingkat senior nanti sudah terlatih dari berbagai kondisi, baik postur tubuh, pola permainan, strategi, taktik, dan lainnya,” harap Raden.

Di sisi lain, Raden sengaja menggelar event ini di Bali, khususnya Kabupaten Badung. Tujuannya sejalan dengan keinginan Kementerian Pariwisata yang ingin menggalakkan sport tourism. “Kita ingin kuatkan sport tourism. Ke Bali alam indah, budaya keren. Tapi, kali ini ada plusnya lagi. Badung ingin menguatkan tourism di sini biar ada plusnya, datang untuk main bola,” pungkas Raden. DIVI