FEATURE: Vietnam-Malaysia Mencari Gelar Kedua

7 Desember 2018 - 12:34 am 35 Views
PARK HANG-SEO WEB vietnam

Vietnam memastikan langkah ke final Piala AFF 2018. Mereka pun berhak menantang Malaysia setelah menyingkirkan Filipina 2-1 pada leg pertama di My Dinh Stadium, Jumat (6/12/2018). GORILASPORT

JAKARTA (GORILASPORT) Vietnam memastikan diri melaju ke final Piala AFF 2018. Mereka berhak menantang Malaysia pada laga final yang tetap dilangsungkan dengan sistem home and away tersebut.

Kepastian Vietnam melaju tak lepas dari kemenangan mereka 2-1 atas Filipina di My Dinh National Stadium, Hanoi, Vietnam, Jumat (6/12/2018). Kemenangan itu tentu saja membuat tim berjuluk The Golden Dragons itu berhak ke final, apalagi mereka juga meraih kemenangan 2-1 saat berkunjung ke Filipina pada leg pertama sebelumnya.

READ MOREFEATURE: Selain Thailand, Vietnam Juga Layak Juara

Keberhasilan Vietnam kali ini tak lepas dari perubahan signifikan yang dilakukan Sven-Goran Eriksson selaku Pelatih Kepala Filipina. Pelatih asal Swedia itu menerapkan formasi 3-4-3 ketimbang pola pakem sebelumnya, 4-4-2.

Selain itu, mantan pelatih timnas Inggris itu juga melakukan rotasi di sejumlah lini. Salah satunya adalah memberikan kepercayaan kepada Patrick Deyto sebagai penjaga gawang. Padahal, Eriksson biasanya menurunkan Michael Falkesgaard.

Pelatih Vietnam Park Hang-seo tak memedulikan formasi serta keluhan lawan. Pelatih berpaspor Korea Selatan itu lebih senang menikmati kemenangan timnya. “Kami harus mensyukuri hasil ini. Semua ini berkat kerja keras seluruh pemain,” pungkasnya.

Meski demikian, Hang-seo meminta timnya tak lekas berpuas diri. Dia menilai timnya akan menghadapi lawan berat kontra Malaysia, meski Vietnam sempat mengalahkan Negeri Jiran 2-0 pada babak penyisihan Grup A sebelumnya.

“Fakta itu belum bisa dijadikan acuan kami bisa kembali meraih kemenangan. Mereka (Malaysia) tentunya sudah mengetahui gaya permainan kami. Jadi, kami harus bisa melakukan sedikit perubahan nantinya,” tegas Hang-seo.

READ MOREMalaysia Sebut Vietnam Favorit Juara

Tetap Format Home and Away

Yang jelas, Malaysia akan bertindak sebagai tuan rumah pada leg pertama. Pertandingan itu rencananya akan digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, pada Rabu (11/12/2018). Sementara Vietnam akan giliran menjadi tuan rumah pada leg kedua di My Dinh Stadium, Minggu (15/12/2018).

Keduanya tentu berambisi meraih gelar juara di turnamen tersebut, apalagi kesempatan ini menjadi momen mereka berpeluang meraih gelar juara. Vietnam terakhir kali mengangkat trofi itu pada 2008. Sementara Malaysia giliran menjadi kampiun dua tahun berikutnya. EDOY