Arsenal Butuh Perbaikan di Lini Belakang

2 Januari 2019 - 8:41 am 42 Views

Pelatih Arsenal Unai Emery geram menyikapi rapuhnya pertahanan tim asuhannya. Pelatih asal Spanyol itu mengaku banyaknya pemain cedera membuatnya kesulitan meracik kekuatan di lini belakang. GORILASPORT

LONDON (GORILASPORT) Arsenal boleh saja mengemas tiga angka saat menang 4-1 atas Fulham, Selasa (1/1/2019). Meski demikian, Pelatih Unai Emery tak bisa menutupi perasaan kecewanya karena timnya kembali kebobolan.

Emery menyebut timnya membutuhkan perbaikan serius, khususnya di lini pertahanan. Hal itu tak lepas dari gol yang dicetak Aboubakar Kamara, meski Arsenal sempat unggul 2-0 berkat gol Alexandre Lacazette sebelumnya.

READ MOREArsenal Akan Jadikan Fulham Sebagai Pelampiasan

Fans Arsenal baru bersorak ketika Aaron Ramsey dan Pierre-Emerick Aubameyang mencetak gol tambahan. Namun, Emery tetap saja menyoroti lemahnya lini pertahanan tim asuhannya. “Tantangan kami saat ini adalah membenahi pertahanan,” ujar Emery. “Tanpa semua pemain bisa dimainkan, kami perlu bertahan dengan lebih baik dari hari ini.”

Banyaknya pemain yang mengalami cedera, khususnya para bek Arsenal dinilai Emery sebagai penyebab utama buruknya pertahanan tim berjuluk The Gunners tersebut. “Untuk pertama kalinya kami dapat memainkan (Laurent) Koscielny, Sokratis (Papastathopoulos), dan (Shkodran) Mustafi. Lalu, cedera yang menimpa Mustafi pada babak pertama membuat kami harus berubah ke empat bek pada babak kedua,” papar mantan pelatih Paris Saint-Germain tersebut.

READ MOREElneny Disarankan Tinggalkan Arsenal

Arsenal Baru Cetak Tiga Clean Sheet

Mantan pelatih Sevilla itu sebetulnya punya gambaran pasti tentang solusi pertahanan Arsenal. Meski demikian, formula itu seakan urung terwujud karena banyaknya pemain belakang yang harus masuk ke ruang pemeriksaan.

“Saya sangat senang para penyerang membuat banyak gol. Namun, kami perlu keseimbangan di pertahanan,” ungkap Emery. “Itu hal yang harus kami benahi dan siapkan pada paruh kedua musim ini. Kami perlu lebih baik dengan melibatkan semua pemain secara taktis.”

Permintaan Emery bisa dimengerti karena Arsenal baru mengemas tiga clean sheet di kancah Premier League musim ini. Arsenal hanya lebih baik dari Fulham dan Manchester United yang baru dua kali melakukan clean sheet. EDOY