FEATURE: Penghormatan Tinggi untuk Nouri

9 Januari 2019 - 9:35 pm 34 Views
nouri-03 ajax

Pensiunnya Abdelhak Nouri karena kerusakan otak memunculkan simpati dari rekan-rekan sesama lulusan Ajax Amsterdam. GORILASPORT

AMSTERDAM (GORILASPORT) Abdelhak Nouri mengalami kerusakan otak permanen pada 2017 saat membela Ajax Amsterdam menghadapi Werder Bremen pada sebuah pertandingan pramusim. Pemuda yang akrab disapa Appie itu tiba-tiba terjatuh di lapangan. Kondisi itu membuat Appie tidak bisa bermain sepak bola lagi untuk selamanya.

Rekan-rekan seangkatan Appie, khususnya sesama lulusan Akademi Ajax, memberi penghormatan dengan ramai-ramai mengenakan nomor punggung 34, yang merupakan nomor punggung Appie semasa bermain. Sebut saja bek belia Manchester City (Man City), Philippe Sandler, yang menggunakan nomor 34 saat membungkam Rotherham 7-0, beberapa hari lalu.

READ MOREPepe Pilih Pulang Kampung ke FC Porto

Bukan hanya Sandler. Pemain muda AS Roma, Justin Kluivert, juga berencana menggunakan nomor punggung 34. Namun, Kluivert baru akan menggunakannya pada musim depan karena musim ini sudah berlangsung setengah jalan dan regulasi tidak mengizinkan. Amin Younes, yang diboyong SSC Napoli dari Ajax pada musim panas lalu, juga akan menggunakan nomor 34. Begitu pula Kevin Diks dari Fiorentina.

“Justin Kluivert mengumumkan bahwa dirinya akan menggenakan nomor punggung 34 musim depan. Hal itu dilakukan sebagai bentuk penghormatan kepada rekan sekaligus mantan teman satu tim di Ajax, Abdelhak Nouri,” tulis Serigala Ibu Kota Italia di laman resmi jejaring sosial Twitter miliknya.

READ MOREMesir Dadakan jadi Tuan Rumah Piala Afrika 2019

Kehilangan Bakat Besar

Pensiunnya Appie menjadi kehilangan besar bagi Ajax dan Belanda. Pasalnya, pemain yang beroperasi di lini tengah itu sudah memperkuat tim nasional sejak usia 15, 16, 17, 18, dan 19 tahun. Bahkan, pada awal karier, Appie sempat disebut sebagai gelandang yang akan bersinar di masa depan layaknya Arjen Robben atau Wesley Sneijder pada era keemasannya.

Sayang, harapan itu tidak terwujud karena Appie sudah terlanjur mengalami kerusakan otak permanen. Awalnya, Ajax sempat menyebut Appie mengalami gangguan detak jantung. Ajax kemudian memberi informasi tambahan. “Appie didiagnosa mengalami kerusakan otak serius dan permanen. Pikiran dan doa kami berikan padanya dan orang yang dicintainya,” tulis pernyataan Ajax beberapa waktu lalu. ANDA