Pesan Pelatih PPLP Sumbar Untuk M Iqbal yang Dipanggil TC Timnas U-23

17 Januari 2018 - 11:01 am 445 Views
Nama Muhammad Iqbal masuk dalam 23 pemain yang dipanggil Luis Milla untuk melakukan pemusatan latihan selama satu pekan, dari tanggal 16 Januari sampai dengan 21 Januari di Jakarta. GORILASPORT

PADANG (GORILASPORT) Masuknya nama Muhammad Iqbal ke dalam 23 pemain yang dipanggil Luis Milla untuk melakukan pemusatan latihan selama satu pekan, dari tanggal 16 Januari sampai dengan 21 Januari di Lapangan ABC Senayan, Jakarta. Kepastian pemanggilan M Iqbal diketagu melalui surat dari PSSI dengan nomor 194/UDN/80/I-2-18 tertanggal Jakarta, 15 Januari 2018. Surat pemanggilan tersebut ditandatangani langsung oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha.

“Suratnya bernomor 194/UDN/80/I-2-18 tertanggal Jakarta, 15 Januari 2018. Iqbal dipanggil ke Timnas U-23 untuk persiapan menuju test event Men’s Football Asian Games 2018 dan Asian Games 2018 di Palembang dan Jakarta. Disitu tertera TC berjalan mulai 16 Januari sampai dengan 21 Januari,” jelas pelatih M Iqbal dari Pusat Pendidikan dan Latihan Olahraga Pelajar (PPLP) Sumbar, Dedi Umar saat bincang-bincang di sekitaran GOR H Agus Salim, Padang, Selasa (16/01/18).

Masuknya nama seorang M Iqbal yang mulai dikenal masyarakat saat memperkuat Timnas Indonesia U-19 di bawah asuhan Indra Sjafri pada dua turnamen, yaitu AFF U-19 2017 dan turnamen Toulon di Prancis itu disebut Dedi Umar sebagai suatu kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Sumbar. Bagaiamanpun, dengan usianya yang masih 18 tahun, mampu menembus skuat Timnas U-23 adalah prestasi tersendiri bagi putera asli Padangpariaman itu.

“Dalam skuat Timnas Indonesia U-23 yang akan melakukan TC kali ini hanya terdapat tiga pemain seangkatan Iqbal yang berasal dari Timnas U-19, dua lainnya adala Rachmad Irianto dan Egy Maulana Vikri,” jelasnya.

Meski pemanggilan M Iqbal oleh Luis Milla untuk mengikuti TC mungkin menjadi kejutan bagi sebagian besar pecinta sepakbola tanah air dan Sumbar, namun menurut DU, pemain 18 itu pantas dan memang memiliki kapasitas untuk mengawal lini tengah Tim Garuda di masa yang akan datang.

“Kelebihan M Iqbal adala visi bermainnya. Dia selalu berusaha mengalirkan bola ke depan dan dengan akurasi umpan yang dimilikinya, ia mampu memberikan umpan manis untuk para penyerang,” lanjut DU.

Dikatakannya, dengan dipanggilnya M Iqbal untuk TC Timnas Indonesia U-23 yang dipersiapkan jelang Asian Games 2018 ini seharusnya bisa menjadi pendorong semangat bagi seluruh pemain muda Sumbar untuk tidak takut bermimpi, bahwa membela Timnas Indonesia di ajang internasional adalah suatu hal yang sangat mungkin dilakukan.

“Efeknya (pemanggilan M Iqbal ke Timnas) bukan hanya berdampat kepada PPLP Sumbar, tapi juga jadi tantangan untuk semua pemain muda dan para pelatih Sumbar supaya bisa menciptakan Iqbal-Iqbal baru dari Sumbar,” harapnya. THK