Semen Padang Pulangkan Eks Timnas Lagi

13 Februari 2018 - 1:52 pm 52 Views
Pelatih Semen padang Syafrianto Rusli mencoret pemain seleksi yang mantan anggota timnas Indonesia U-23, Nurfumid Fastabiqul Khoirot, karena dianggap tidak memenuhi syarat. GORILASPORT

PADANG (GORILASPORT) Semen Padang kembali memulangkan salah seorang pemain seleksi, Nurfumid Fastabiqul Khoirot. Eks bek timnas Indonesia U-23 itu dinilai gagal memenuhi ekspektasi tim pelatih setelah dimainkan dalam dua laga uji coba tur Sumbar menghadapi Jordus FC Tanah Datar dan PS GAS Sawahlunto.

Bekas pemain Persebaya Surabaya U-21 sudah tidak terlihat lagi dalam latihan Semen Padang di lapangan sepak bola Indarung, Selasa (13/2/18) pagi. Hal itu lantaran sang pemain sudah langsung bertolak meninggalkan Padang, Senin (12/2/18) siang. Ini jadi kali kedua Semen Padang memulangkan eks pemain timnas Indonesia dari proses seleksi. Sebelumnya eks Agung Supriyanto juga dipulangkan tim pelatih dengan alasan yang sama.

Pelatih Kepala Semen Padang Syafrianto Rusli menyebut dipulangkannya Nurfumid murni karena alasan teknis. Dirinya menilai dari segi kemampuan Nurfumid masih belum mampu bersaing dengan para pemain bertahan yang kini dimiliki Semen Padang.

“Dia belum mampu memenuhi ekspektasi kami. Dia belum mampu tampil maksimal dalam dua pertandingan tur Sumbar yang sudah dijalani. Kami sebenarnya berharap selama trial dia bisa menampilkan permainan yang lebih baik dibandingkan beberapa pemain lain seperti Feby Gushendra atau Mahrus Bahtiar. Tapi, selama latihan dan dalam pertandingan hal itu tidak terlihat,” jelas Syafrianto.

Mantan Pelatih PSPS Pekanbaru itu menyebut, pihaknya memang mengincar pemain bertahan yang siap bersaing untuk posisi inti. “Kami mencari pemain yang bisa menjadi pilar tim, bukan untuk menghangatkan bangku cadangan. Kalau sebagai cadangan saja itu akan menjadi beban untuk kami (tim).  Kami lihat motivasi bermainnya kurang, demikian juga dengan kecepatan yang dimilikinya,” lanjut instruktur kepelatihan PSSI ini.

Mendapatkan pemain bertahan yang berpengalaman serta mampu mensterilkan lini pertahanan Semen Padang dari ancaman pemain lawan memang jadi salah satu fokus utama Syafrianto saat ini. Apalagi dua bek tengah yang diproyeksikan sebagai pilar tim musim depan, Agung Prasetyo dan Novrianto saat ini masih tergolek cedera.

Agung diperkirakan harus absen sampai dengan empat bulan dan harus naik meja operasi untuk penyembuhan cedera robek otot tendon yang dialaminya. Sedangkan Novrianto juga masih dalam proses penyembuhan cederanya dan diperkirakan masih belum bisa diturunkan dalam dua pertandingan sisa tur Sumbar Semen Padang.

Dengan kondisi tersebut, Syafrianto menyebut pihaknya akan kembali melakukan seleksi terhadap pemain bertahan lain untuk memastikan lini pertahanan timnya benar-benar siap jelang digulirkannya Liga. “Kami akan coba cari lagi pemain yang sesuai dengan kriteria tim. Dalam waktu dekat akan ada lagi satu pemain belakang yang datang untuk trial,” pungkas Syafrianto. THK